Selasa, 19 September 2017

Lereng Gunung Singgalang-Kabupaten Tanah Datar

Gunung Singgalang berada di Kabupaten Tanah Datar dan Agam,Sumatra Barat.merupakan api tidak aktif berketinggian 2.877 mdpl (meter di atas permukaan laut),Jalur utama dan titik awal pendakian berada di Tower RCTI-TVRI, di Nagari Pandai Sikek, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Masuk melalui gerbang yang bertuliskan Pandai Sikek, di dekat Pasar Koto Baru, yang juga merupakan titik awal pendakian gunung Marapi, selanjutnya mengikuti jalan aspal sempit dan sebagian rusak. Pasar Koto Baru berada di jalan penghubung Kota Padang-Bukittinggi.Nagari Pandai Sikek merupakan sentra kerajinan tangan Songket Pandai Sikek ini yang sangat terkenal di Sumatera Barat. Tak heran bila sepanjang jalan menuju titik awal pendakian, di kiri-kanan jalan, mudah ditemui galeri yang memajang songket Pandai Sikek.Butuh waktu 2-3 jam dengan berjalan kaki dari Pasar Koto Baru hingga sampai di titik awal pendakian, Tower RCTI-TVRI. Jika naik kendaraan motor atau mobil hanya diperkirakan sekitar 1/2 jam saja. Melalui jalan yang kecil, menanjak, dan berkelok-kelok.Sesampai di Tower RCTI-TVRI, ketemu pos pendaftaran. Setelah mendaftar, pendakian pun dapat dimulai. Berjalanlah sekitar 50 meter melewati pos pendaftaran, pas di samping warung, lalu belok ke kiri: langsung dihadapkan pada tanjakan sekitar 70 derajat, nyaris tegak dan sangat licin!
Trek terus menanjak tak terkira-kira hingga sampai ke Telaga Dewi. Paling-paling ada sedikit trek mendatar di tiga lokasi: sesudah Shelter 1 (sekitar 100 meter), sedikit di Cadas (sekitar 30 meter) dan sesudah Cadas atau sebelum Telaga Dewi (sekitar 100 meter).Selebihnya, trek terus menanjak tanpa ampun. Makin pendaki merasa keletihan makin diberi tanjakan! Tanjakan serasa tak ada habis-habisnya selama berjalan sekitar 7 jam dari titik awal pendakian hingga sampai di Telaga Dewi.

Tanjakan berupa tanah licin diwarnai akar-akar kayu.Boleh dikata bahwa karakter trek Singgalang kebalikan dari trek gunung Kerinci. Trek gunung Kerinci relatif landai di awal, ekstrem di akhir. Sebaliknya, trek Singgalang ini cukup ekstrem di awal, sedikit landai di akhir. Sedikit tips mendaki Singgalang, berhubung beratnya medan: ada baiknya makan -makan cemilan untuk tambah kalori tiap berjalan sekitar 2-3 jam, ini agar tenaga tidak ngelos; pakai celana pendek untuk mempermudah gerak bebas kaki; dan bawa mantel hujan karena gunung ini suka hujan sekalipun di musim kemarau.










Artikel Terkait


EmoticonEmoticon