Rabu, 06 Desember 2017

Pantai Gua Langir-Kabupaten Lebak

Pantai Gua Langir ini berada di Desa Sawarna,Kecamatan Bayah,Kabupaten Lebak,Banten. Pantainya luas dengan hamparan pasir putih yang membentang. Sedangkan gua yang terdapat di belakang pantai menyajikan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang indah,Bentuk stalagmit di sini juga terlihat unik, sekilas mirip stupa yang ada di Candi Borobudur. Tidak jarang wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini pulang dengan wajah yang ceria menyaksikan keindahan stalagmit-stalagmit di sini.Pantai ini pun berjarak 1 km dari Kampung Cikaung, tempat di Desa Sawarna yang paling ramai dengan penginapan. Untuk menuju ke sini tidaklah sulit, jalan beraspal yang baik serta didukung informasi yang memadai membuat wisatawan tak akan kesasar saat jalan ke Pantai Gua Langir.

Gua Langir terdapat di bagian kanan dengan jalan naik yang terjal. Kemiringannya bisa mencapai 45 derajat. Walaupun sedikit berat, perjalanan ini tidaklah memakan waktu lama, karena jaraknya yang pendek.Setelah itu, mulut gua yang terbuka lebar menjadi pintu masuk selanjutnya. Hati-hati dengan langkah kaki, karena tanah di sini sedikit basah dan lembab.Sebagai informasi, ketika anda mengunjungi tempat ini pengunjung diharapkan tidak lupa membawa perlengkapan seperti senter dan alat penerangan lainnya. Karena langit-langit di Gua Langir sangat pendek dan berbahaya bagi kepala para pengunjung.Menjelajahi Gua Langir pengunjung akan menyaksikan bebatuan stalagmit dan stalaktit yang terbentuk dari tetesan air ribuan tahun yang lalu. Khusus stalagmit yang berdiri tegak di atas lantai gua, beberapanya memiliki bentuk yang menyerupai stupa Candi Borobudur yang berada di Magelang. Karenanya, ada yang menyebut gua ini dengan sebutan Gua Seribu Candi.












Artikel Terkait


EmoticonEmoticon